Pengertian Ergonomi Definisi Istilah

Posted by Sekolah Online Minggu, 21 Juli 2013 0 comments

Ditulis oleh : Admin

Pengertian Ergonomi Definisi Istilah - Istilah “ergonomi” berasal dari bahasa Latin yaitu ERGON (kerja) dan NOMOS (hukum alam) dan dapat didefinisikan sebagai studi tentang aspek-aspek manusia dalam lingkungan kerjanya yang ditinjau secara anatomi, fisiologi, psikologi, engginering, manajemen dan desain/perancangan. 


Ergonomi berkenaan pula dengan optimasi, efisiensi, kesehatan, keselamatan dan kenyamanan manusia di tempat kerja, dirumah, dan di tempat rekreasi. Didalam ergonomi dibutuhkan studi tentang sistem dimana manusia, fasilitas kerja dan lingkungannya saling berinteraksi dengan tujuan utama yaitu menyesuaikan suasana kerja dengan manusianya.

Menurut Adnyana Manuaba (2000) istilah ergonomi didefinisikan sebagai suatu upaya dalam bentuk ilmu, teknologi dan seni untuk menyerasikan peralatan, mesin, pekerjaan, sistem, organisasi dan lingkungan dengan kemampuan, keahlian dan keterbatasan manusia sehingga tercapai suatu kondisi dan lingkungan yang sehat, aman, nyaman, efisien dan produktif, melalui pemanfaatan fungsional tubuh manusia secara optimal dan maksimal.

Dari beberapa pendapat di atas, dapat ditarik tiga hal penting dalam mempelajari ilmu ergonomi, antara lain :
  • Ergonomi menitikberatkan manusia (human-centered). Fokus ergonomi pada manusia merupakan hal yang utama bukan pada mesin atau pada peralatan.
  • Ergonomi membutuhkan bangunan sistem kerja yang terkait dengan pengguna. Mesin dan peralatan yang merupakan fasilitas kerja harus disesuaikan dengan performen manusia.
  • Ergonomi menitikberatkan pada perbaikan sistem kerja. Suatu perbaikan proses harus disesuaikan dengan perbedaan kemampuan dan kelemahan setiap individu, hal ini harus dirumuskan dengan cara diukur baik secara kualitatif maupun kauntitafif dalam jangka waktu tertentu.


Artikel Menarik lainnya :

0 comments:

Poskan Komentar